Home Blog Page 548

8 Game Terlama Dari Segi Proses Produksinya

0

Menurut kamu berapa waktu pengembangan game terlama? Satu atau dua tahun? Itu salah! Pengembangan game terlama bisa memakan waktu sampai puluhan tahun.

Lalu apa alasannya sampai waktu pengembangan menjadi sangat lama? Ada banyak hal seperti konsep dan ide yang berubah-ubah. Masalah teknis yang tidak ada selesainya. Bahkan bisa juga karena dari faktor manusianya sendiri seperti ditinggal developer inti atau kurang klopnya tim.

Berikut adalah delapan game yang proses pengembangannya sangat lama:

1. Star Citizen, Kapan Rampungnya?

Berbicara mengenai game terlama dari sisi pengembangannya, game Star Citizen wajib masuk dalam daftar. Proyek ambisius Cloud Imperium Games ini memulai masa produksi pada tahun 2010. Jika dihitung sampai sekarang yaitu pada tahun 2021, pengembangan game ini sudah mencapai 11 tahun. Itupun masih belum rampung. Padahal Star Citizen awalnya ditargetkan rilis pada tahun 2014, duh.

Dari segi keuangan, Star Citizen juga berhasil menorehkan rekor fantastis. Penggalangan dana Star Citizen melalui kickstarter berhasil mengumpulkan uang sampai dengan ratusan juta Dolar. Belum lagi game ini juga menggunakan selebriti terkenal dunia sebagai pemeran dalam game seperti Mark Hamill dan Gary Oldman.

Angkasa luar tidak memiliki Batasan. Star Citizen sebagai game yang mengangkat tema tersebut juga tidak memiliki batasan dari segi kreasi…dan sepertinya waktu pengembangan juga.

2. Pengembangan Game Terlama Nomor Dua: Duke Nukem Forever

Duke Nukem Forever adalah contoh rumitnya pengembangan sebuah game. Duke Nukem Forever sebetulnya sudah dipersiapkan sejak tahun 1996, tepat setelah game Duke Nukem 3D. Namun malah ngaret sampai dengan tahun 2011.

Masalah yang pertama adalah mengenai engine. Duke Nukem Forever sempat berganti-ganti engine dari Quake II Engine menjadi Unreal Engine. Pengembangan Duke Nukem Forever yang lama juga membuat hubungan antara developer 3D Realms dengan publisher Take-Two Interactive menjadi terganggu. Dampaknya adalah pengurangan staf yang menyebabkan proses produksi menjadi semakin terhambat.

Untungnya menjelang detik-detik akhir, Duke Nukem Forever terselamatkan berkat campur tangan Gearbox Software dan 2K Games.

3. Diablo 3: 11 Tahun Pembuatan

Game flagship milik Blizzard, Diablo 3 ternyata juga memakan waktu pengembangan yang sangat lama. Game ini dibuat selama 11 tahun sehingga layak masuk dalam daftar game terlama pengembangannya.

Dilansir dari Polygon, pengembangan Diablo 3 menjadi lama akibat kurang pedenya developer. Mereka khawatir game tersebut tidak dapat meneruskan kesuksesan dari Diablo 2. Rupanya staf pengembangan Diablo 3 terbelah selama proses produksi. Ada kelompok yang ingin mengedepankan cerita dan kelompok yang mengedepankan gameplay. Dari segi desain juga kerap terjadi pertentangan antar tim.

Sayangnya saat rilis Diablo 3 justru mengalami masalah dari segi teknis dan mekanik dalam game. Ini sebabnya Diablo 3 masuk juga dalam daftar Playcubic tentang game yang gagal saat awal rilis.

4. Final Fantasy XV yang Dibuat Selama Satu Dekade, Betulkah?

Kebanyakan gamer mengetahui bahwa pengembangan game Final Fantasy XV memakan waktu 10 tahun. Dari tahun 2006 sampai dengan 2016. Namun faktanya tidak seperti itu. Rupanya Final Fantasy XV hanya dibuat dalam jangka waktu tiga tahun. Sisanya yaitu tujuh tahun adalah angka untuk pengembangan game Final Fantasy Versus XIII yang akhirnya gagal tayang.

Dilansir dari IGN, Hajime Tabata menjelaskan bahwa ia dan timnya terpaksa meninggalkan Final Fantasy Versus XIII dan beralih mengerjakan Final Fantasy XV. Padahal seperempat bagian dari game tersebut sudah rampung dikerjakan. Otomatis pengerjaan Final Fantasy XV tidak memakan waktu terlalu lama. Karena Tabata dan timnya mengintegrasikan beberapa bagian Final Fantasy Versus XIII ke dalam Final Fantasy XV.

Game Kirby Baru Angkat Tema Apocalypse

0

Nintendo telah mengumumkan game Kirby baru di event Nintendo Direct. Game ini berjudul Kirby and the Forgotten Land. Menariknya game Kirby ini mengangkat tema apocalypse yaitu kiamat. Kirby akan bertualang di kota yang terbengkalai.

Kirby and the Forgotten Land adalah game Kirby pertama yang dibuat dengan gaya 3D. Rencananya game ini akan rilis pada musim semi 2022 eksklusif di Nintendo Switch.

Trailer Baru Tales of Luminaria Ungkap 21 Karakter

0

Bandai Namco telah merilis trailer baru Tales of Luminaria. Trailer ini memperkenalkan 21 karakter yang ada di dalam game tersebut. Para karakter ini dibagi menjadi 3 pihak yaitu Jerle Federation, Gildllan Empire, dan Adventurer.

Tales of Luminaria adalah seri Tales of pertama yang diadaptasi ke dalam game mobile. Tales of Luminaria nantinya akan tersedia untuk perangkat android dan iOS. Saat ini game tersebut sudah membuka tahap pra-registrasi. Untuk tanggal rilis game ini masih belum diumumkan oleh Bandai Namco.

Triangle Strategy Akan Rilis Bulan Maret 2022

0

Square Enix telah mengumumkan tanggal rilis dari game Triangle Strategy untuk Nintendo Switch. Game ini bisa mulai dibeli di Nintendo eShop pada tanggal 4 Maret 2022. Game ini mengusung genre turn-based tactical RPG dengan beragam job class.

Merasa de javu ketika melihat Triangle Strategy? Wajar saja karena game ini juga digarap oleh developer yang membuat Octopath Traveler. Triangle Strategy akan memberikan pemain banyak pilihan dialog dan cerita. Setiap pilihan yang dipilih akan memiliki konsekuensi.

Square Enix Umumkan Chocobo GP Untuk Nintendo Switch

0

Game legendaris Chocobo Racing akan hadir kembali di Nintendo Switch. Game ini berjudul Chocobo GP dan akan rilis pada tahun 2022. Kenapa disebut sebagai game legendaris? Karena dulu ketika era PSOne Chocobo Racing adalah saingan dari Crash Team Racing.

Dari segi gameplay Square Enix akan tetap setia dengan gameplay klasik namun dengan tampilan grafis yang kekinian. Lokasi balapan dari game Chocobo Racing akan diadaptasi dari lokasi unik di game Final Fantasy dan Chocobo. Dalam pertandingan pemain juga dapat menggunakan sihir seperti fire dan blizzard untuk menjegal pembalap lain.

Empat Tahun Hilang, PlatinumGames Umumkan Bayonetta 3!

0

PlatinumGames membuat gebrakan dalam acara Nintendo Direct dengan mengumumkan Bayonetta 3. Game ini rencananya akan rilis pada tahun 2022 di Nintendo Switch. Bayonetta 3 akan dikerjakan oleh sosok baru yaitu Yusuke Miyata.

Salah satu fitur baru di Bayonetta 3 adalah fitur Demon Slave. Fitur ini berbeda dengan Climax Summon di game Bayonetta sebelumnya. Pada Climax Summon monster hanya bisa dipanggil sekali untuk membunuh musuh secara langsung. Sedangkan dengan Demon Slave monster bisa dikendalikan seperti yang dilihat pada trailer.

Ekspansi Baru Monster Hunter Rise Diumumkan

0

Capcom telah mengumumkan ekspansi untuk game Monster Hunter Rise yang berjudul Sunbreak. Ekspansi ini rencananya akan rilis pada tahun 2022 mendatang. Dalam trailernya diperlihatkan map baru yang didalamnya ada sebuah istana rusak. Selain itu ditampilkan pula monster baru yang kelihatannya adalah seekor elder dragon.

Ekpansi Sunbreak akan dijelaskan lebih lanjut dalam acara Capcom Online Program di Tokyo Gameshow 2021. Program ini akan tayang pada tanggal 30 September 2021.

Sekedar informasi, Monster Hunter Rise versi PC akan rilis pada awal tahun 2022. Kelihatannya baik gamer Nintendo maupun PC akan bisa menikmati ekspansi Sunbreak tahun depan nanti. Pertanyaannya apakah akan ada fitur crossplay juga?

Simak Trailer Terbaru Super Robot Wars 30 di Sini

0

Bandai Namco dan B.B. Studio baru saja merilis trailer terbaru untuk mempromosikan kembali game Super Robot Wars 30.

Super Robot Wars 30 sendiri dijadwalkan rilis ke PS4 dan Nintendo Switch wilayah Jepang serta Asia (dengan terjemahan bahasa Inggris) dan PC lewat Steam seluruh wilayah dunia pada tanggal 28 Oktober 2021.

Selamat menyaksikan trailer di atas.

Nintendo Direct Fokus Membahas Game Nintendo Switch Akan Disiarkan Hari Ini

0

Nintendo mengumumkan akan menyiarkan secara online Nintendo Direct berdurasi 40 menit pada hari ini. Nintendo Direct kali ini akan fokus mengumumkan game Nintendo Switch yang akan dirilis pada musim dingin 2021.

Kalian bisa menyaksikan acara ini lewat Youtube dan juga situs resmi Nintendo.

Atlantica Rebirth Indonesia hadirkan Event Goddess Login di Akhir Bulan September!

0

Pada minggu ke empat ini, Tim Atlantica Rebirth Indonesia sudah menyiapkan event menarik untuk para Atlantian. Berbagai macam hadiah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Event Goddess Login berlangsung dari tanggal 20 hingga 26 September 2021.

Pada Goddess Login,  Atlantian berkesempatan mendapatkan hadiah hanya dengan login minimal 4 Jam setiap harinya selama periode event berlangsung dan bagi 5 Atlantian yang beruntung dengan total login lebih dari 50 Jam berkesempatan mendapatkan hadiah Grand Prize.

Berikut hadiah langsung yang bisa didapatkan :

  • 1 Buah Infernal Manticore (7 Days)
  • 1 Buah Warehouse Scroll (1 Day/ No Trade)

Berikut hadiah grandprize yang bisa didapatkan :

2 Buah Goddess Accessory Selection Box

Info lengkap mengenai event Goddess Blessing bisa di cek di link ini Goddess Blessing

Menarik kan Event Goddess Login kali ini? Jadi tunggu apa lagi? Buruan download dan mainkan Atlantica Rebirth Indonesia serta nikmati petualangan seru di World of Atlantica!