Apa jadinya jika Call of Duty tidak menggunakan machine gun dan rifle, melainkan sihir alias magic? Immortals of Aveum adalah game terbaru EA yang mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut. Game ini dibuat oleh developer Ascendant Studios.
Penampilan perdana Immortals of Aveum adalah pada event The Game Awards tahun lalu. Pada waktu itu teaser trailer game ini ditayangkan untuk pertama kalinya dimana sang karakter protagonis menggunakan senjata seperti sarung tangan di medan pertempuran. Setelah itu Immortals of Aveum menghilang tanpa kabar.
Belum lama ini saya mewakili Playcubic mendapat kesempatan untuk mengikuti event digital Immortals of Aveum yang digelar oleh EA. Dalam event ini saya bisa langsung mendengar penjelasan dari tim developer Ascendant Studios tentang game buatan mereka dan apa yang membuatnya unik.
Menurut CEO sekaligus Game Director dari Ascendant Studios Bret Robbins, Immortals of Aveum adalah game singleplayer FPS bertema Battlemage. Karakter utama game ini adalah Jax. Ia adalah bagian dari satuan bernama Immortals yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan sihir. Dengan kemampuannya, Jax ditugaskan untuk membela negara Lucium yang berperang dengan negara Rashan demi mengendalikan sumber dari segala sihir di dunia bernama Aveum.
Dalam trailer yang diperlihatkan dalam event, saya melihat Jax menggunakan sarung tanggannya untuk mengendalikan tiga tipe sihir yaitu biru, merah, dan hijau. Ketiga sihir ini memiliki fungsi yang berbeda-beda saat digunakan dalam pertempuran. Misalnya untuk melawan musuh dengan shield, Jax lebih dulu harus menghancurkannya dengan sihir Shatter lalu diikuti dengan Lash untuk menarik musuh mendekat, baru setelah itu diserang dengan serangan sihir Fragfire.
Dunia Aveum juga terlihat sangat menarik atau istilahnya magical. Dunia ini unik karena meski memiliki latar sihir, ternyata juga memiliki teknologi yang futuristik. Beberapa adegan juga mengingatkan saya dengan game Call of Duty.
Berikut adalah wawancara saya dan anggota media lainnya bersama dengan perwakilan developer Ascendant Studios Bret Robbins, Kevin Boyle (Executive Producer), dan Dave Bogan (Senior Art Director), dan Julia Lichtblau (Associate Art Director) tentang Immortals of Aveum:
Pertanyaan (P): Apakah kalian memiliki inspirasi dari game lain saat mendesain Immortals of Aveum?
Bret Robbins (BR): Saya menggunakan pengalaman saya selama mengerjakan game Call of Duty saat mendesain gameplay dari Immortal of Aveum. Saya ingin agar game ini sangat fluid saat pemain sedang bertarung dengan musuh sehingga bisa menciptakan suasana yang imersif. Tapi tantangannya adalah di game ini tidak ada senjata melainkan hanya sihir. Jadi kamu harus berpikir dua kali agar bagaimana ini bisa menjadi menarik dan tidak terlihat aneh di mata gamer.
P: Apa yang membedakan Immortals of Aveum dengan Call of Duty?
BR: Immortals of Aveum bukan Call of Duty dengan sihir, melainkan sesuatu yang lain. Tidak hanya gameplay action saja, anda juga bisa menemukan elemen eksplorasi dan puzzle solving di game ini. Kami juga sudah memiliki banyak ide untuk konten-konten selanjutnya. Jika anda mencoba menamatkan cerita utama game ini maka setidaknya anda akan menghabiskan waktu 20 jam lebih.
Kevin Boyle (KB): Menambahkan saja, cerita dari Immortals of Aveum akan sangat mendalam. Tidak hanya mengenai konflik antar Lucium dan Rashan saja, melainkan lebih dari itu.
P: Apakah di game ini adalah elemen seperti reloading, cover shooting, dan lain-lain? Karena Immortals of Aveum sendiri adalah game FPS hanya saja tidak menggunakan senjata tapi sihir.
BR: Kami banyak mendiskusikan hal ini. Tapi pada akhirnya kami semua setuju bahwa di Immortals of Aveum pemain tidak perlu sembunyi di balik perlindungan sambil menembaki musuh, melainkan langsung berhadapan seperti gunslinger.
P: Apakah ada sihir khusus seperti bisa mengendalikan elemen light dan darkness?
BR: Dalam permainan anda bisa mengkombinasikan sihir biru, merah, dan hijau. Setiap sihir ini nantinya akan memiliki fungsi dan momen sendiri kapan bisa digunakan. Beberapa tipe musuh juga memiliki kelemahan terhadap sihir tertentu.
P: Apakah Immortals of Aveum akan memiliki mode multiplayer?
BR: Untuk saat ini kami hanya fokus kepada mode singleplayer saja.
P: Di game ini banyak karakter yang menggunakan tato. Apakah ada maksud dibaliknya?
Dave Bogan (DB): Secara gameplay tato tidak memiliki efek apa-apa. Tapi dari segi cerita tato ini akan lebih menegaskan seperti apa kepribadian dan latar belakang dari karakter itu.
P: Tolong deskripsikan nilai estetika dari dunia Aveum ini. Seperti arsitektur bangunannya dan sihir yang ada.
Julia Lichtblau (JL): Kami mengkombinasikan banyak hal untuk membuat dunia Aveum ini agar menjadi unik. Misalnya untuk tanaman kami menggunakan desain tanaman yang ada di sekitar kita. Lalu dari segi arsitektur kami banyak menggunakan tembok tinggi dan besar yang melambangkan militer. Ditambah kami juga banyak membuat reruntuhan-reruntuhan kuno di game ini untuk menciptakan nuansa sejarahnya bahwa dunia ini sudah ada sejak lama dan sudah melewati banyak perubahan.
P: Apakah game ini akan memiliki photo mode?
BR: Kami akan ungkap ini lebih lanjut nanti.
P: Apakah game ini mengharuskan pemainnya selalu online? Apakah ada fitur microtransaction didalamnya?
BR: Tidak dan tidak.
P: Seandainya jika kalian harus memilih aspek yang paling unik dari Immortals of Aveum, apakah yang akan kalian pilih?
KB: Saya akan memilih segi cerita dan karakternya karena keduanya saling berhubungan dan sangat mendalam sekaligus menarik untuk diikuti.
JL: Saya setuju dan mau menambahkan sedikit, semua NPC di game ini akan memiliki oleh dialog-dialog yang apik dan menghibur.
BR: Tidak hanya karakter dan cerita saja, kami juga membuat gameplay di Immortals of Aveum sebaik mungkin agar semuanya saling seimbang dan mendukung satu sama lain. Saya berharap agar gamer bisa menikmati game ini semaksimal mungkin.
DB: Proses produksi Immortals of Aveum juga tidaklah mudah. Diperlukan desain animasi yang bagus, penulis naskah yang imajinatif, aktor mocap dan pengisi suara yang harus bisa tetap sinkron, dan masih banyak lagi. Menurut saya pasion inilah yang merupakan aspek terbaik dari Immortals of Aveum.
Immortals of Aveum akan rilis pada tanggal 20 Juli 2023 untuk platform PS5, Xbox Series, dan PC. Game ini tersedia dalam versi standard edition dan juga digital deluxe edition.