Valve dikabarkan akan menyesuaikan sistem bagi hasil yang lebih proporsional antara Steam sebagai platform penjualan dengan penerbit game.
Terutama untuk game yang populer dan laku terjual, Valve akan akan menerapkan sistem yang memungkinkan bagi mereka mendapatkan keuntungan lebih.
Saat ini, model bagi hasil di di Steam menerapkan flat percentage. Dimana Valve mengambil 33 persen dari pendapatan game dan penerbit mengambil 66 persen sisanya.
Namun, sistem bagi hasil yang baru ini membuat penerbit bisa mendapatkan lebih dari 66 persen jika game-nya populer dan laku terjual. Jadi semakin banyak game tersebut terjual, maka semakin banyak uang yang didapat oleh mereka. Sistem ini sendiri akan mulai dihitung pada penjualan tanggal 1 Oktober 2018.
Dilansir dari pengumuman resmi oleh Valce di situs steamcommunity.com, maka detail bagi hasilnya adalah sebagai berikut :
– Game yang menghasilkan lebih dari USD 10 juta untuk Steam, maka bagi hasilnya adalah 75 persen untuk penerbit dan 25 persen untuk Steam.
– Game yang menghasilkan lebih dari USD 50 juta untuk Steam, maka bagi hasilnya adalah 80 persen untuk penerbit dan 20 persen untuk Steam.
Ini adalah salah satu langkah besar yang dilakukan oleh Valve. Pertanyaannya, apakah pemilik platform penjualan game lain seperti Nintendo, Sony Microsoft akan melakukan langkah serupa?