spot_img
HomeBesideRahasia Apakah yang Menjadi Kesuksesan Overwatch? Ini Jawabannya

Rahasia Apakah yang Menjadi Kesuksesan Overwatch? Ini Jawabannya

Director Blizzard Jeff Kaplan akhirnya buka suara mengenai resep kesuksesan Overwatch. Menurut Jeff bumbu yang membuat Overwatch menjadi menarik dan populer sebenarnya adalah hal-hal yang sederhana, yaitui harapan serta keterbukaan.

Jeff Kaplan ketika membicarakan Overwatch di DICE

Dalam acara DICE, Jeff mengatakan jika selama ini banyak orang yang salah sangka ia dan timnya menjadikan konsep keberagaman sebagai pilar utama Overwatch. “Hal yang paling penting bagi kami saat mengembangkan game adalah suatu dunia yang terbuka untuk siapa saja, dimana setiap orang merasa diterima. Keberagaman yang dirasakan merupakan hasil akhirnya,” Katanya.

Overwatch sendiri dibuat dari sisa-sisa game MMO Project Titan yang dibatalkan secara sepihak oleh Blizzard. Pada saat itu Jeff mengaku jika ia memiliki waktu setidaknya dua minggu untuk menciptakan game pengganti. Pada detik-detik inilah game Overwatch tercipta melalui tekad dan harapan. Ia mengaku jika beberapa karakter Overwatch diambli dan diadaptasi dari Project Titan. “Kami tidak hanya mementingkan gameplay dari tiap-tiap karakter Overwatch, tapi juga bagaimana agar para karakter ini bisa diterima secara terbuka,” Ucap Jeff.

Project Titan yang menjadi dasar dari terciptanya Overwatch

Jeff lalu menyinggung dua karakter Overwatch yang dinilainya memiliki makna spesial, yaitu Ana dan Tracer. “Ana adalah seorang ibu yang berasal dari Mesir. Ia memiliki masalah dengan anaknya. Begitu juga dengan Tracer. Tidak ada yang menyangka jika ikon Overwatch ini adalah seorang gay. Hal seperti inilah yang kami jadikan sebagai dasar saat mendesign karakter. Bagaimana mereka bisa seperti kita semua, manusia biasa,” Ucap Jeff.

Fakta jika Tracer adalah seorang gay mengagetkan banyak orang

Bukan hanya karakter saja, Jeff dan timnya juga membuat pertimbangan sendiri saat membuat map. Contohnya map Oasis yang diadaptasi dari Irak. “Biasanya saat membicarakan Irak, kita selalu berpikir kota yang hancur karena perang. Kami ingin membuatnya berbeda di Overwatch. Irak akhirnya kota yang futuristik. Inilah bentuk dari harapan kami untuk Irak,” Ucap Jeff.

Map Oasis ternyata diadaptasi dari Irak

Terakhir, kesuksesan Overwatch tidak lepas dari peran para fans. Menurut Jeff baik dunia maupun para karakter game tersebut sekarang tidak lagi menjadi milik Blizzard, melainkan para fans. “Kalianlah yang nantinya akan melanjutkan cerita dari Overwatch melalui fan fiction, cosplay dan sebagainya,” Ucap Jeff.

Melihat dari animo Overwatch saat ini yang masih tinggi, hanya dua kata yang bisa diberikan oleh Playcubic kepada Jeff Kaplan, timnya serta Blizzard, well done!

Thanks Glixel

Aryo
Aryo
Editor Playcubic. Gamer dengan cita-cita punya PC kelas dewa. Disamping PCnya ada PS5 dan Xbox Series X
RELATED ARTICLES

Terpopuler