Tidak ingin membuat “Quiet” baru
Selain berbicara mengenai ide untuk melebur game dengan hiburan elektronik lainnya, Hideo Kojima juga berbicara mengenai eksploitasi karakter wanita dalam game. Menurut Kojima, ia memiliki pendekatan lain saat membuat karakter wanita. “Saya selalu menghindari karakter wanita seksi dengan dada besar yang tidak memiliki cerita apa-apa dalam game saya. Jika saya harus membuat karakter seperti ini, maka karakter ini harus memiliki latar belakang yang kuat,” Ucapnya.
Ketika game Metal Gear 5: Phantom Pain dirilis, Kojima banyak mendapat kritik karena penampilan Quiet. Sniper wanita yang bisa dibilang hampir telanjang ini dianggap sebagai eksploitasi. Nah jika kamu sudah memainkan Metal Gear 5, kamu pastinya sudah mengetahui alasan kenapa Quiet tidak mengenakan pakaian yang pantas. Inilah maksud dari Kojima. ia ingin setiap karakter wanita dalam gamenya memiliki makna, bukan hanya sekedar pamer badan saja.
Lantas apakah konsep dari Quiet ini akan diterapkan dalam game selanjutnya? “Saya akan menggunakan pendekatan lain dalam game terbaru saya nanti,” Ucap Kojima. Good man!