spot_img
HomeNgerandom5 Hal yang Membedakan Dark Souls dan Elden Ring

5 Hal yang Membedakan Dark Souls dan Elden Ring

Banyak orang beranggapan bahwa Elden Ring dan Dark Souls memiliki kemiripan. Namun, FromSoftware telah membuktikan bahwa keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Meskipun keduanya bergenre fantasy gelap, Elden Ring memiliki ciri khas yang membedakannya dari Dark Souls.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan penting apa saja yang dimiliki Elden Ring dibandingkan dengan Dark Souls. Berbeda dari artikel lainnya, kita akan membahas perbedaan tersebut dari sisi isi dan pembahasan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Fitur Melewati Waktu

beda dark souls elden ring sites of grace

Di dalam game Elden Ring, Sites of Grace menjadi salah satu elemen kunci yang dapat membantu pemain meraih keunggulan. Mekanisme ini memungkinkan pemain untuk mempercepat waktu dalam game, sehingga dapat digunakan untuk merancang strategi yang lebih efektif atau menghindari area berbahaya dan monster tertentu pada siang atau malam hari.

Dengan adanya monster yang hanya muncul pada malam hari atau siang hari, Sites of Grace dapat menjadi cara yang cerdas untuk melewati area berbahaya. Strategi ini mirip dengan yang diterapkan di The Witcher 2: Assassins of King atau The Witcher 3: Wild Hunt, di mana pemain dapat memanfaatkan waktu untuk menghindari bahaya dan meraih keunggulan.

2. Damage Terjatuh dari Tempat Tinggi

beda dark souls elden ring lompat

Berbeda dengan Dark Souls, di mana jatuh dari tempat tinggi dapat menyebabkan kematian atau kerusakan parah, Elden Ring menawarkan toleransi jatuh yang lebih baik. Ketika pemain jatuh dari ketinggian, damage yang dihasilkan relatif kecil, sehingga memungkinkan pemain untuk melakukan eksplorasi tanpa harus khawatir kehilangan healthbar yang signifikan.

Dengan demikian, pemain dapat lebih leluasa menjelajahi dunia Elden Ring tanpa harus takut akan kerusakan parah akibat jatuh dari tempat tinggi. Ini merupakan salah satu perbedaan yang signifikan antara Elden Ring dan Dark Souls.

3. Shield di Elden Ring Lebih Detail

beda dark souls elden ring shield

Shield atau tangkisan sering kali dianggap sebagai senjata yang kurang efektif, hanya berguna untuk menangkis serangan saja. Namun, FromSoftware telah mengubah paradigma ini di Elden Ring dengan menghadirkan mekanisme shield yang lebih detail dan efektif.

Dalam game ini, perisai tidak hanya memblokir serangan, tetapi juga dapat digunakan sebagai senjata untuk melakukan counter jika dilakukan dengan cepat. Ini membuat pertempuran menjadi lebih dinamis dan efektif, terutama ketika bertarung dengan boss.

Dengan demikian, pemain tidak hanya terus bertahan, tetapi juga dapat menyiapkan opsi untuk melancarkan serangan balik terus menerus, membuat pertempuran menjadi lebih menarik dan strategis.

4. Elden Ring Lebih Platformer

beda dark souls elden ring platformer

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara Elden Ring dan Dark Souls adalah desain platform di setiap levelnya. Elden Ring menawarkan pengalaman platforming yang lebih halus dan dinamis, memungkinkan pemain untuk melompat dari tempat ke tempat dengan lebih bebas, seperti di game Assassin’s Creed.

Dengan menunggang kuda, pemain dapat mengeksplorasi area vertikal yang lebih luas dan menemukan jalan baru yang tidak dapat dijangkau sebelumnya. Ini membuat Elden Ring lebih sarat platformer daripada Dark Souls, dan bahkan dapat dibandingkan dengan Sekiro: Shadow Die Twice dalam hal desain platformnya.

Dengan demikian, pemain dapat menikmati pengalaman eksplorasi yang lebih luas dan menarik di Elden Ring, dengan kemampuan untuk mengeksplorasi area yang lebih luas dan menemukan rahasia yang tersembunyi.

5. NPC Di Kedua Game Berbeda

beda dark souls elden ring karakter

Sama seperti di game open world lainnya, Elden Ring juga menawarkan sejumlah peristiwa signifikan yang terjadi di dalam game. Pemain dapat menemukan berbagai opsi yang dapat dilakukan, dan ini tidak lepas dari kehadiran NPC yang sangat hidup dan interaktif.

NPC di Elden Ring dapat berperilaku secara tidak terduga, seperti menyerang pemain secara tiba-tiba atau meminta bantuan ketika mereka mengalami kesulitan. Setiap NPC memiliki keunikannya masing-masing, seperti Alexander the Iron Fist, yang membuat interaksi di dalam game ini menjadi sangat menarik dan realistis.

Bagaimana menurut kalian?

RELATED ARTICLES

Terpopuler