Inovasi dan perkembangan dalam industry game terus berubah setiap tahun dan belakangan menjadi semakin ambisius. Developer mulai berani dalam membuat game AAA dengan jumlah biaya pengembangan yang besar dan kadang di luar kendali. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan publisher menaikkan harga atau dalam trennya disebut sebagai game berharga $70.
Fenomena ini mendapatkan banyak sorotan terutama dari para eksekutif. CEO Saber Interactive Mathew Karch saat berbicara dengan IGN mengutarakan pendapatnya tentang fenomena game berharga $70. Menurutnya tren ini tidak akan berkelanjutan dan pada akhirnya akan hilang sendiri. Sebabnya developer khawatir dengan resiko kegagalan yang bisa menyebabkan terjadinya PHK ataupun penutupan studio.
Ia mencontohkan Ubisoft yang terpaksa harus melakukan PHK karena beberapa game berbudget besarnya gagal. Ia juga memberi contoh Helldivers 2, game dengan budget menengah yang justru sukses. Menurutnya developer akan lebih memilih untuk membuat game seperti Helldivers 2 yang budgetnya sesuai. Kebijakan ini juga akan membuat publisher menurunkan harga game tersebut. Inilah yang nantinya akan membuat tren game seharga $70 akan punah.
Bagaimana menururt kalian?